Di sekarang ini media sosial sering dijadikan tempat pemasaran produk atau brand, Sosial media dianggap ampuh untuk menyebarluaskan produk atau brand yang kita miliki secara mudah dan cepat. Nah untuk meningkatkan jaringan perdagangan brand yang kita punya ada beberapa tips untuk mencapai itu semua. 

1. Penetapan Media Sosial Utama

Bukannya tidak boleh untuk memakai lebih dari 1 media sosial, tetapi akan lebih baik jika Anda memilih 1 media sosial yang akan dibandingkan dengan yang lain. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti keterbatasan waktu dalam jangka waktu yang panjang, sumber daya yang tersedia, biaya yang akan dikeluarkan, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, Facebook dapat Anda pilih jika Anda ingin mendapatkan cara yang simpel untuk mengelolanya dalam jangka panjang. Pilih platform Twitter jika produk Anda ditargetkan untuk kalangan anak muda. Platform Instagram jika Anda ingin menonjolkan sisi estetika dari produk Anda. dan lain sebagainya.

2. Kenali Target Pasar Anda

Menentukan target pasar dengan melakukan pengamatan data mengenai rentang umur, bahasa yang cocok untuk mereka, dan lain sebagainya. Bagi audiens yang masih muda, Anda dapat menggunakan bahasa pergaulan yang fleksibel dan santai. Begitu pula sebaliknya, gunakan bahasa yang sopan dan serius untuk audiens yang sekiranya sudah dewasa dan berpendidikan tinggi.

3. Membuat Konten yang Menarik

Setelah menentukan media sosial utama dan target pasar yang akan Anda tuju, langkah selanjutnya adalah mendesain konten yang sesuai. Gunakan kombinasi gambar dan teks yang sesuai, sehingga audiens akan tertarik dalam 5 detik pertama ketika melihat iklan Anda, jangan lupa untuk mengevaluasi efektivitas iklan yang Anda buat, ya!

4. Memposting Secara Rutin

Selain tampilan iklan, perhatikan juga frekuensi dan jam postingan iklan yang Anda lakukan. setidaknya, lakukan setidaknya dua kali sehari. Dan juga lakukan di jam yang tepat. Anda bisa melakukan analisa sendiri untuk menentukan jadwal posting yang paling optimal. Namun yang pasti, lakukan secara rutin. Contohnya adalah mempromosikan produk di jam waktu makan siang dan jam setelang pulang kerja yang dimana waktu itu audiens bisa dipastikan membuka smartphone nya.

5. Penetapan Agenda Pengelolaan Media Sosial

Penetapan agenda kegiatan merupakan hal yang penting dimana kita harus mengupdate konten secara berkala yang membutuhkan konsistensi yang tinggi, Seperti halnya jenis pekerjaan yang lain, buatlah jadwal yang memuat konten harian, harian, bahkan bulanan. Sehingga Anda juga memiliki arah kegiatan pemasaran yang jelas dan terencana dengan baik.

Demikian lah pembahasan singkat mengenai cara-cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pemasaran produk di media sosial, perbanyak membaca karna dengan membaca dapat menambah wawasan temen-temen.

Dan bagi teman-teman yang ingin membuat buku tahunan, undangan, brosur, dan yang lainnya bisa langsung menghubungi kami, kami Retina Production membantu siap teman-teman semua, mulai dari desain sampai hasil yang memuaskan sampai di tangan kalian.


Demikian artikel ini kami buat referensi akurat yang telah kami analisa dan ringkas kembali sehingga dapat dibaca serta bermanfaat untuk para pembaca.

Hubungi  Retina Production  jika membutuhkan jasa/layanan di bidang multimedia.

Retina Production , “Kami Jadikan Momen Anda Abadi Selamanya”

Kontributor :  Luthfi Pratama