TIPS MEMBUAT COMPRO YANG MENARIK PEMBACA

 

Pada artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan secara singkat bahwa pentingnya sebuah company profile dalam suatu usaha mempengaruhi karakteristik dan menjadi gerbang sarana promosi usaha tersebut. Saat ini kami akan berikan sedikit tips dan poin-poin apa saja yang terdapat dalam company profile, sehingga terlihat menarik untuk dilihat oleh client.

Pada dasarnya sebuah company profile ada yang berbentuk media cetak, dan media visual. Umumnya, company profile terdiri dari 20-40 halaman tergantung seberapa banyak materi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Lalu bagaimana cara membuat company profile yang baik? Dan apa saja yang dibutuhkan supaya terlihat menarik?

 

Pilihan Kata

Dalam company profile, kata-kata yang menarik akan menambah keinginan pembaca untuk melihat profil perusahaan tersebut sampai halaman terakhir. Kalimat singkat yang jelas dan tertuju langsung pada poin yang akan disampaikan, adalah pilihan kata terbaik dalam struktur pembuatan sebuah company profile. Selain itu, pilihan kata juga dapat berupa kata baku dan formal berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris. Namun, sebisa mungkin minimalisir bahasa yang ‘campur aduk’ between Indonesian dan English. Ya seperti itulah contohnya, yang kami kira agak kurang enak dibaca ya jika pilihan kata tersebut ada di dalam sebuah company profile.

 

Warna

Pemilihan warna dalam sebuah profil perusahaan melambangkan makna dari bidang usaha tersebut, logo utama, visi misi, serta komitmen perusahaan dalam menjalankan lini bisnisnya. Selain menjadi simbolisasi dari perusahaan, warna juga mempengaruhi pembaca karena manusia normal cendrung lebih mudah mengingat sesuatu apabila terdapat warna di dalamnya. Pada sebuah company profile jenis warna yang baik digunakan adalah monokromatik atau triad (komplementer-ganda) yang mengacu pada warna dasar perusahaan tersebut.

 

Konten

Konten yang terdapat dalam sebuah company profile dapat berupa: Sejarah, Biografi, Visi Misi, Produk/ Layanan, Market/ Rancangan Bisnis, Gallery, Penutup/ Contact Person. Hal tersebut dapat disampaikan perusahaan berbentuk tulisan, maupun visual. Kami menyarankan dalam konten profil perusahaan untuk dibuat lebih variatif, dengan desain-desain visual yang mudah diingat, dan kalimat pendukung yang sesuai dengan konten profil perusahaan tersebut.

 

Desain

Selain yang kami sebutkan di atas, desain pada company profile juga harus diperhatikan, karena setiap bidang usaha memiliki ciri khas berbeda-beda. Contohnya pada profile perusahaan digital, tema desain yang digunakan dapat berupa desain futuristik dan teknologi. Contoh lain pada perusahaan food and beverage desain yang digunakan dapat bertema nature, sedangkan pada perusahaan yang bergelut dibidang entertainment, dapat menggunakan desain yang bertema fun. Apapun tema dan desain yang akan dibuat dalam sebuah compro, haruslah memiliki karakter kuat sehingga menarik para pembaca.

 

Foto

Pada halaman biografi atau sejarah perusahaan, biasanya disebutkan pendiri usaha maupun jajaran direksinya. Gunakanlah foto untuk memperjelas biodata dari profil-profil yang terkait. Selain foto biodata, pada halaman-halaman lain usahakan diberikan penjelasan secara visual dengan menggunakan foto. Dengan kata lain company profile yang kita buat akan semakin menarik dan mudah diingat karena menggunakan metode desain visual melalui foto dan yang beberapa poin yang disebutkan di atas.

Kalian dapat mengunjungi bagian layanan dalam situs ini, dan lihat project untuk beberapa contoh hasil kerjasama kami dengan perusahaan-perusahaan dalam pengerjaan company profile, serta project kami yang lainnya.


Demikianlah artikel ini kami buat berdasarkan referensi akurat yang telah kami analisa dan ringkas kembali sehingga dapat mudah dibaca serta bermanfaat untuk para pembaca.

Hubungi Retina Production jika membutuhkan jasa/layanan di bidang multimedia. Tim kami tersebar di 3 daerah, yaitu Retina Jakarta, Retina Cirebon dan Retina Jogja.

Retina Production, “We Make Your Moment Last Forever”

 

Contributor : M. Syarif. H